apakah anda mau bergabung di group ini

Kamis, 17 Maret 2011

Rahasia Profesinalisme Pria Di Dunia Kerja

BANYAK CARA MENJADIKAN DIRI  makin sempurna di tempat kerja. Kali ini bukan dari buku,seminar,atau pelatihan , cukup dari mengamati rekan kerja pria. Jika mau jujur,pria memang punya banyak kelebihan di dunia kerja, yang belum tentu kita miliki. Tapi, bukan tak mungkin kita mampu melakukanya juga. Bahkan, bisa lebih baik, karena telah kombinasikan dengan kelebihan wanita, yang sebaliknya, belum tentu dimiliki pria.
BERPIKIR LOGIS
Pria terkenal mampu berpikir logis.
Kekurangannya yang tak bisa melakukan tugas multiasking,ternyata justru memberikan keuntungan dalam sikap kerja, antara lain lebih fokus pada satu masalah dalam satu waktu.

  1. BERPIKIR GLOBAL Pria hampir selalu berpikir dengan gambaran luas (helicopter view).Di tambah gie, gambaran luas itu di lengkapi dengan sikap visioner. Sedangkan wanita, saat melihat satu masalah,lebih sering langsung memfokuskan pandangan ke semua detial.
TIP : Awali melihat masalah secara luas, baru memikirkan

     2.BERPIKIR STRATEGIS Pria hampir selalu melengkapi semua perecanaan dengan langkah-langkah untuk mencapainya. Wanita memikirkan sebuah perencanaan dengan detailnya,tetapi sering kali tidak melengkapinya dengan recana eksekusi yang logis
 
TIP: Lengkapi semua perecanaan dengan langkah-langkah stragis yang mudah di laksakanan.
 
3. Ambisius Jika sebagian wanita menganggap ambisius adalah sikap negatif, tidak demikian bagi pria. Hal itu di dukung fakta bahwa sejak dulu peran sebagai bread winner. sedangkan pengaruh budaya mengondisikan situasi bahwa jika wanita ambisius,kelihatannya buruk.
 
TIP: Kalau tujuan dan caranya jelas, tak masalah menjadi ambisius. Tetapkan goal, dan tentukan cara mencapainya.

4.LEBIH FOKUS Pria mampu fokus pada 1 masalah dengan jernih, sehingga masalah cenderung kelihatan ringan dan selesai lebih cepat. Sedangkan wanita memikirkan banyak hal dalam satu waktu, sehingga tampak rumit dan tidak ke satu titik.
 
TIP: Ubah cara kerja dengan memilah-milah masalah. Fokus pada satu hal dan pikirkan detail satu persatu.

5.BERANI BERKATA: BISA Jika pria diberi posisi atau tanggung jawab lebih besar daripada biasanya, mereka akan menerima seolah mereka layak mendapatkanya. Sedangkan wanita lebih sering menragukan kemampuannya, dengan menolak atau menundanya. Padahal, bisa jadi sudah waktunya ia menerima posisi tersebut.

TIP: Jika menerima tantangan karier, sambut dengan antusias. Itulah saatnya kita menunjukkan kemapuan.

EMOSI TERJAGA
Sudah menjadi rahasia umum, jika wanita disebut-sebut orang yang lebih emosional di bandingkan pria. Di dunia kerja,sikap ini kurang menguntungkan. Inilah pembelajaran yang berkaitan dengan tersebut.                                                   1.TIDAK MASUK KE HATI
Pria lebih kuat saat menerima masukan, baik berbentuk pujian maupun kritik. Pujian tidak membuai pria secara berlebihan. Sebaliknya,kritikan pun tidak di anggap serangan pribadi. Semua itu menjadi pelajaran untuk kemajuan karier.
TIP: Berusahalah tidak emosional menerima pujian dan kritik. Kalau sulit menerima kritik, kita akan maju dari kesalahan. Ubah mindset ke pemikiran tersebut, maka tindakan akan mengikutinya.
2. DISKUSI BERDASARKAN RISET
Saat berdiskusi, pria jarang dikendalikan emosi. Semua bahan diskusi di dasari data. Di satu sisi, wanita bisa tampil meyakinkan dalam diskusi karena mengikutsertakan sisi emosional, misalnya fakta yang ia miliki di gabung dengan pengalaman.
TIP: Lengkapi 'bekal' diskusi dengan data-data
3. AMBIL KEPUTUSAN DENGAN CEPAT
Pria senang melihat fakta dalam data dan grafik. Dengan demikian, pria lebih cepat mengambil keputusan. Wanita sering menimbang lebih lama saat harus mengambil keputusan, karena terlalu banyak diperhitungkan.
TIP: Kumpulkan data sebelum mengambil keputusan. Berlatihlah untuk mengambil keputusan cepat berdasarkan data yang ada.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar